-->

partisipasi dalam usaha pembelaan negara terhadap bencana alam

19 September 2012


              Partisisipasi masyarakat dalam usaha pembelaan negara terhadap musibah bencana alam adalah pengabdian warga negara yang mempunyai profesi tertentu untuk kepentingan pertahanan negara. Membantu sesama manusia merupakan perbuatan terpuji. Misalkan membantu meringankan beban yamg tertimpa musibah bencana alam seperti kebakaran, kebanjiran, tanah longsor, gempa bumi dan contoh lainnya.


              Partisipasi masyarakat dalam pembelaan negara terhadap bencana alam adalah membantu korban bencana seperti sesuai profesi yang dimilikinya. Contohnya seorang dokter : ia dengan suka rela membantu mengobati dan memeriksa masyarakat yang terkena penyakit. Setiap warga negara sesuai dengan kedudukan dan perannya masing-masing memiliki hak dan kewajiban untuk melindungi negara Indonesia. 


               Membantu sesama manusia dapat memperkokoh keutuhan masyarakat karena bantuan yang diberikan akan menimbulkan simpati dan empati, dan saling merasakan ( tenggang rasa ). Biasanya masyarakat memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena bencana alam berupa materi tetapi tetapi ada juga berupa materil


                Beberapa contoh menanggulangi terjadi bencana alam :
  • Membuat resapan air sebanyak mungkin di lingkungan hidup, agar terhindar dari bencana banjir.
  • Membentuk limas yang berfungsi menanggulangi akibat bencana alam, bencana perang atau yang lainnya.
  • Tidak menebang pohon sembarangan agar tidak terjadi bencana tanah longsor , dll
                 Terdapat pula tindakan upaya pembelaan negara yang dilakukan secara berencana melalui  organisasi profesi, seperti Tim SAR untuk mencari dan menolong korban bencana alam, PMI dan Para Medis. Upaya membela negara dapat juga dilakukan di sekolah. Misalkan pembinaan sikap dan perilaku nasionalisme dan patriotisme.



                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Bijak dalam Berkomentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS