-->

SENSASI REMAJA DI MASA PUBER

26 September 2012

                 Memasuki gerbang remaja umumnya baik remaja putra maupun putri ia merasa bahwa dirinya sudah besar. Pokoknya di zaman-zaman sekarang ini banyak sekali remaja puta ataupun putri susah sekali diatur oleh orang tuanya. Didalam keadaan stess ini akan membuat remaja menjadi malas, suka melamun, kerjanya hanya makan sedangkan ia sangat malas untuk berusaha. Masa pubertas sebenarnya dimulai pada usia kurang lebih 14 tahun. Namun anak gadis lebih cepat daripada anak laki-laki. Pubertas itu merupakan fase dimana nilai hidup baru mulai dicobakan oleh anak. pada usia puber ini mulai muncul sifat-sifat khas wanita dan laki-laki, yaitu sifat pasif menerima pada wanita dan sifat aktif berbuat pada laki-laki. 


A. Kecenderungan Untuk Meniru 

                  Inilah yang paling banyak dialami oleh anak yang memasuki masa pubertas. Kecenderungan untuk meniru ini tidak bisa lepas dari bagian pencarian jati dirinya. Perilaku ABG (Anak Baru Gede) ini bila tidak ada filternya dapat mengundang berbagai kerawanan sosial dan kejahatan, apakah dalam bentuk free-sex, pemerkosaan, atau kejahatan-kejahatan yang lainnya. 


B. Kecenderungan Mencari Perhatian

                   Anak pada masa pubertas disamping kesukaannya untuk meniru hal-hal yang baru, mereka juga terkadang bertingkah laku over-acting di depan umum guna untuk mencari perhatian. bahkan kadang-kadang banyak orang yang berpakaian bermodel aneh.

C. Kecenderungan Mulai Tertarik Pada Lawan Jenisnya

                 Diantara ciri khusus anak yang sudah menginjak masa pubertas adalah mulai tertarik pada lawan jenisnya. Tumbuhnya rasa cinta kasih adalah fitrah bagi manusia yang diciptakan oleh ALLAH, agar kehidupan manusia itu tersa lebih tentram dan bahagia.


D. Emosinya Mulai Meletup

                  Bersamaan dengan itu emosinya mudah meletup, hal ini dikarenakan keseimbangan jiwanya masih labil. karena itu, mereka lebih mengutamakan emosinya terlebih dahulu daripada penalarannya dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah.

1 komentar:

  1. Fuad Kauma, Buku yang sangat bagus di baca oleh remaja zaman kini, Tnks ya mba' brow udah ngeposting tulisannya..Salam kenal

    BalasHapus

Mohon Bijak dalam Berkomentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS