-->

Review Drama Korea : Duty After School (2023)

27 Mei 2023

Anyeongg..
Hari ini gue akan membahas salah satu drama adaptasi dari webtoon berjudul Duty After School. Drama ini juga viral loh sewaktu penayangannya. Okee langsung saja check this out..


Duty After School menceritakan tentang kisah siswa-siswi kelas 12-2 di suatu sekolah yang diharuskan untuk ikut wajib militer. Saat ini Korea tepatnya di kota Seoul muncul sebuah bola berukuran besar diatas langit. Bola tersebut jatuh kedaratan dan menewaskan 1 pasukan tentara. Pemerintah dibawah pasukan militer mengumumkan bahwa mereka yang berusia 24 tahun dan siswa-siswi kelas 12 wajib mengikuti program militer. Dengan iming-iming tambahan point untuk nilai CSAT, kelas 12 banyak yang menyetujui untuk ikut program tersebut. 


Kelas 12-2 dipimpin oleh Letnan Lee Choon Ho (Shin Hyun Soo), Sersan Kim Won Bin (Lee Soon Won) dan Sersan Seo Ja Yoon (Lee Jung Min). Mereka bertiga bertanggung jawab atas pasukan cadangan kelas 12-2. Ketua kelas Kim Yoo Jung (Yeo Joo Ha) ditunjuk sebagai tamtama senior yang tugasnya adalah memimpin pasukan cadangan kelas 12-2. Kim Chi Yeol (Kim Ki Hae) ditunjuk sebagai dokumenter yang bertanggung jawab untuk mendokumentasikan kegiatan mereka. Pelatihan militer ini sangat intens mulai dari mereka yang mengharuskan untuk berlari dengan cepat, bekerja sama dalam tim dan juga menembak. Pasukan cadangan 12-2 tidak tahu bahwa pelatihan militer itu adalah latihan untuk berperang melawan bola-bola alien yang sedang mengancam manusia.


Drama ini memiliki total 10 episode dan dibagi menjadi 2 part. Part 1 mulai dari episode 1 sampai 6 dan part 2 mulai dari episode 7 sampai 10. Part 1 secara garis besar menceritakan bagaimana para siswa kelas 12-2 belajar untuk bisa bekerja sama dalam 1 tim dan tidak saling egois mementingkan diri sendiri. Di part 1 juga mereka masih dibimbing oleh Letnan Lee dan banyak belajar juga dari sikap kepemimpinan dari Letnan Lee. Sedangkan di part 2 mereka sudah menjadi lebih dewasa dan sudah tahu bagaimana cara menyikapi konflik yang terjadi diantara mereka. Mereka juga tidak takut lagi dengan bola-bola alien karena kemampuan menembak mereka juga sudah jauh lebih meningkat. Digambarkan pula kalau di part 2 ini kejahatan manusia lebih berbahaya daripada bola-bola alien tersebut.


Satu hal yang bikin gue kecewa dari drama ini adalah endingnya yang sangat membagongkan. Benar-benar membagongkan kayak hah hoh hah hoh doang kayak keong. Jujur ini kayaknya jadi bad ending sepanjang gue nonton drama korea deh. Ending paling ngeselin melebihi drama Memories Of Alhambra yang Hyun Binnya berubah jadi serbuk jasjus. Kayak gak abis pikir why Kook Young Soo berubah jadi psikopat? Iye gue ngerti dia stress karena CSAT dibatalkan, iye gue ngerti juga kalo dia agak sedikit dikucilkan sama teman-temannya tapi kok ya penulisnys jahat banget bikin dia jadi psikopat. Kayaknya gue lebih ikhlas kalau mereka meninggal karena bola-bola alien deh karna kan kayak oke mati karena udah berjuang. Jadi gak sia-sia loh.


Memang ini seharusnya berakhir di part 1 aja walaupun endingnya gantung karena gatau nasib bola-bola alien dan letnan lee nya gimana pasca gedung di bom karena part 2 ini benar-benar gak banget. Gue beneran gak ikhlass endingnyaa seperti itu. Dengan tema survival dan melibatkan anak sekolahan drama ini udah pasti seru banget. Disini digambarkan gimana menderitanya anak sma kelas 12 yang harus ngumpulin nilai dan belajar demi masuk ke universitas unggulan. Kita juga bisa liat gimana solidaritasnya mereka buat bertahan hidup walaupun terkadang masih menampilkan sisi egois juga.


Dari  segi pemain selain Letnan Lee dan Won Bin, gue cukup asing sama mereka semua. Mungkin baru pada terjun ke dunia drama atau gue nya yang kudet tapi aktingnya gak ada yang canggung sama sekali. Chemistry mereka juga oke banget sebagai teman-teman sekelas. Romance-romace tipis nya juga bikin gemes sendiri dan jadi pemanis buat drama ini. Overall dari segi akting dan pemain gue suka banget.


Terlepas dari endingnya ini drama memang seru banget dan layak buat ditonton. Salah satu webtoon yang paling ditunggu adaptasinya menjadi drama. Coba aja endingnya bahagia atau sedikit lebih bagus mungkin drama ini akan masuk ke salah satu drama terbaik yang gue tonton ditahun ini. Harusnya memang stop di part 1 atau di episode 9 yaa biar gak kecewa sama drama ini huhuhu. Soo rate dari gue 7/10 ***


"Aku masih muda dan tidak tahu banyak, tapi di luar sana juga perang. Bisa dibilang masuk ke Universitas adalah perang lokal, dan berada di dunia adalah perang dunia."
---
"Usia tidak penting. Bertanggung jawab atas tindakanmu, itulah arti dewasa."
---
"Untuk bertahan hidup tidak perlu mengalahkan teman disebelahmu. Kamu harus membantu dan saling melindungi. Yang penting dalam hidup bukan CSAT atau kuliah, melainkan kehangatan teman-temanku."

Trailer Duty After School

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Bijak dalam Berkomentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS