-->

Jenis Usaha Ekonomi Masyarakat Sesuai Bidangnya

24 Maret 2020

BIDANG AGRARIS

Indonesia merupakan sebuah negara yang terkenal dengan negara agraris. Nama ini disematkan karena memang sebagian besar wilayah Indonesia terdiri dari kawasan agraris. Hal ini juga yang menjadikan Indinesia menjadi negara yang kaya akan rempah rempah dan sumber daya alam lainnya, selain itu tanah di Indonesia cocok untuk semua jenis tanaman dan cuaca serta suhunya pun merupakan yang terbaik bagi ekosistem atau makhluk hidup.


1. Pertanian



Secara umum pertanian diartikan sebagai sebuah kegiatan yang dilakukan individu atau kelompok dalam upayanya memanfaatkan sumber daya alam hayati untuk dapat menghasilkan bahan pangan, sumber energi, bahan baku industri serta pengelolahan lingkungannya. Selain itu pertanian juga memiliki dua arti yakni secara luas dan sempit.

Arti pertanian secara luas yakni upaya pemanfaatan sumber daya alam hayati yang dilakukan oleh manusia dengan jalan menanam tanaman produktif yang diharapkan mampu menghasilkan dan bisa digunakan dalam kehidupanm sehari-hari. Sedangkan arti pertanian secara sempit adalah proses budidaya dan pengembangan tanaman pada suatu lahan yang hasilnya digunakan untuk mencukupi kebutuhan manusia atau proses bercocok tanam yang dikerjakan di lahan yang telah disiapkan sebelumnya dan dikelola serta dimanfaatkan menggunakan cara manual yakni dengan tenaga manusia tanpa bantuan dari mesin.

Di negara kita Indonesia ini kegiatan pertanian dibedakan menjadi dua yakni pertanian lahan basah dan pertanian lahan kering. Sesuai dengan namnya yakni lahan basah, maka lahannya digenangi oleh air bisa dibilang dengan dan dikenal sebagai sawah. Kegiatan pertanian lahan basah ini hanya bisa dilakukan di area yang dekat dengan sungai serta terdapat sebuah irigasi guna perairannya. Lahan basah pertanian terletak kurang lebih 300 meter di atas permukaan laut. Contohnya pertanian lahan basah seperti sawah, rawa-rawa dan hutan bakau. Sedangkan pertanian lahan kering dilakukan di dataran rendah dengan ketinggian sekitar 500 meter di atas permukaan laut. Yang dimaksud dengan lahan kering adalah lahan yang tidak digenagi oleh air, dan ciri dari tanaman yang ditanam memiliki sifat tahan air atau tak butuh air terlalu banyak. Contohnya pertnian cabai, terong, umbi-umbian dan lain sebagainya.
 
2. Perkebunan


Berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia nomer 18 tahun 2004, yang dimaksud dengan perkebunan adalah segala kegiatan yang upaya penanaman atau cocok pada tanah atau media tumbuh lainnya dalam sebuah ekosistem yang sesuai, selain itu dalam perkebunan juga adanya upaya pengolahan dan pemasaran hasil tanaman tersebut dengan bantuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta modalnya dan menajemennya bertujuan untuk mensejahterakan pelaku perkebunan. Dalam perkebunana ada dua istilah pelaku usaha yang harus kita ketahui yakni pekebun dan perusahaan perkebunan. Pekebun merupakan individu atau perorangan yang melaksankaan usaha perkebunan dengan skala yang tidak terlalu besar yangh sering disebut dengan perkebunana rakyat. Sedangkan perusahaan perkebunan merupakan pelaku usaha perkebunan yang berbentuk badan hukum yang meliputi koperasi dan perseroan terbatas baik dalam BUMN maupun BUMS yang mengelola usaha perkebunan dalam skala tertentu. 

Perkebunan didirikan dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan warga, menambah pemasukan atau devisa negera, membuka lapangan pekerjaan, meningkatkan daya saing dan produktifitas, mengoptimalkan pengelolahan sumber daya alam secara berkelanjutan.

3. Peternakan


Peternakan adalah salah satu kegiatan yang berfokus pada pengembangbiakan dan pembudidayaan hewan ternak dengan tujuan untuk mendapatkan manfaat dan hasil dari kegiatan atau aktivitas tersebut. Perlu anda ketahui bahwasannya pengertian peternakan bukan hanya memelihara hewan ternak saja namun juga ada sebuah tujuan dari kegiatan tersebut. Tujuan antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya.

BIDANG INDUSTRI

Industri adalah jenis usaha untuk menghasilkan barang baru, atau mengolah bahan baku/bahan mentah menjadi bahan setengah jadi/barang jadi.Bentuk usaha industri di antaranya perusahaan tekstil, mobil, sepatu, dan industri bahan pangan. Contoh usaha pengolahan dari bahan mentah adalah sebagai berikut.

1. Usaha kerajinan rotan dan daun pandan


Usaha ini mengolah bahan mentah menjadi barang-barang jadi berupa anyaman dan mebel (kursi dan meja).

2. Industri pengolahan kulit, seperti kulit sapi atau kulit kambing.


Industri ini mengolah kulit menjadi bahan setengah jadi berupa kulit samakan.

3. Industri pembuatan sepatu, tas, jaket, dan ikat pinggang


Industri ini menggunakan bahan setengah jadi/bahan baku berupa kulit samakan.

BIDANG PERDAGANGAN

Perdagangan telah dijadikan sebagai salah satu bisnis yang sangat menguntungkan di Indonesia. Bahkan, dari banyaknya jenis perdagangan yang ada di Indonesia membuat banyak inovasi produk dalam proses jual beli yang menguntungkan setiap masyarakat yang melakukan transaksi.
Tentunya, proses kegiatan perdagangan ini memang sangat menguntungkan penjual ataupun pembelinya dalam memenuhi kebutuhan ekonomi yang harus dipenuhi dalam kehidupan sehari-hari.
Ada banyak sekali lini usaha dibidang perdagangan yang patut Anda coba dan eksplorasi. Sebagai inspirasi, simaklah tujuh contoh usaha perdagangan berikut!

1. Usaha Kuliner



Selama manusia masih butuh makan dan minum, usaha kuliner akan terus berjaya. Apa lagi di zaman sekarang ketika membeli makanan dan minuman dari luar sudah lebih umum dari pada memasak sendiri di rumah.

Ditambah lagi kemudahan jasa pengantaran yang ditawarkan oleh berbagai bisnis kurir dengan segala promonya. Potensi usaha kuliner bisa di bilang sedang berada di atas awan.

2. Usaha Busana & Kosmetik



Saat ini busana bukan lagi merupakan kebutuhan, namun telah menjadi gaya hidup. Sebaliknya, kosmetik tidak lagi sekedar menjadi bagian dari gaya hidup, namun telah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang. Karenanya busana dan kosmetik merupakan bidang usaha dagang lain yang tidak kalah potensial.

3.  Usaha Gadget



Gadget  sudah seperti kebutuhan utama di zaman sekarang.

BIDANG JASA

Usaha jasa banyak ditemui di sekitar kita. Usaha jasa adalah jenis usaha yang bertujuan memberi pelayanan kepada konsumen. Usaha jasa terbagi dalam kelompok-kelompok berikut ini.

1. Jasa transportasi 


Jasa transportasi  adalah jenis usaha pelayanan untuk pengangkutan orang atau barang-barang hasil industri dari suatu tempat ke tempat lain. Jasa transportasi di antaranya perusahaan pengangkutan, seperti bus, truk, kapal laut, dan pesawat.

2. Jasa perbankan


Jasa-jasa bank merupakan kegiatan perbankan yang dilakukan oleh suatu bank untuk memperlancar kegiatan menghimpun dana dan menyalurkan dana. Semakin lengkap jasa bank yang diberikan maka akan semakin baik dengan demikian akan menarik nasabah. Hal tersebut karena nasabah merasa nyaman melakukan kegiatan keuangan dari satu bank saja.

3. Jasa Pengiriman barang/paket


Seiring dengan meningkatnya industri bisnis online, layanan jasa kirim paket pun semakin banyak dibutuhkan. Oleh sebab itu, pekerjaan kurir yang dulu kurang diminati, sekarang jadi banyak peminatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Bijak dalam Berkomentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS